Tahu Susu Lembang Bandung














Tahu yang satu ini penampilan tak jauh berbeda dengan tahu biasa. Ada yang putih dan ada yang kuning. Setelah digoreng, permukaannya jadi kering renyah dan bagian dalamnya lembut. Rasanya gurih sekali dan bikin ketagihan!

kalau jalan-jalan ke Bandung pastinya tidak hanya distro dan factory outlet yang jadi serbuan. Oleh-oleh Bandung yang khas seperti batagor, brownies, kue molen, dan sale pisang juga selalu jadi incaran. Kini tahu ini pun menambah daftar belanja oleh-oleh.

Tahu Susu Lembang yang kini populer sebagai oleh-oleh khas Bandung memang sudah populer sejak beberapa tahun ini. Meski begitu, masih banyak yang dibuat penasaran dengan tahu yang bertekstur halus lembut ini. Hmm... apa sih sebenarnya yang membuat tahu ini jadi begitu istimewa?

Makanan yang berasal dari kacang kedelai ini populer sejak awal tahun 2009 silam. Pertama kali tahu susu Lembang dijual di sebuah tempat yang sering disebut POM alias Pusat Orang Makan tahu. Karena bentuk tempatnya dari depan mirip sebuah SPBU. Selain tempat menjual tahu susu Lembang di tempat ini juga terdapat beberapa penjual makanan lainnya.

Perbedaan dengan tahu lainnya, tahu khas dari kota Lembang ini memakai campuran susu sapi selain kedelai. Tahu ini dipotong-potong segi empat seperti tahu pada umumnya namun teksturnya lebih padat. Campuran susu murni membuat rasa tahu terasa lebih gurih saat dimakan.

Tahu susu ini juga lebih sehat karena dibuat secara tradisional dan tidak memakai bahan pengawet. Oleh karena itu dalam suhu udara terbuka, tahu susu hanya bertahan hingga 2 hari saja dan maksimal 1 minggu jika disimpan di kulkas.

Cara menikmatinya, tahu susu cukup digoreng dengan minyak yang panas dan banyak hingga tahu tenggelam di dalam minyak. Biasanya tahu ini paling enak dimakan sesaat setelah digoreng, karena teksturnya akan terasa renyah diluar dan sangat lembut di dalam.

Tanpa ditambah apapun rasanya sudah gurih atau bisa juga dinikmati dengan kecap yang digerus dengan cabai rawit. Selain digoreng, tahu susu juga bisa enak dijadikan hidangan seperti ditumis, dibuat tahu telur, dijadikan campuran sup atau siomay.

Tahu susu ini dijual dalam dua varian yaitu tahu putih dan tahu kuning. Bentuknya ada yang berupa tahu cetak atau 'takus' dan tahu panjang dengan bentuk memanjang. Harga tahu susu Lembang ini dibandrol dengan harga sekitar Rp 15.000,00 - Rp 25.000,00 per 10 buah.

Karena sudah cukup populer, penjual tahu susu tidak hanya bisa dijumpai di jalan raya Lembang tetapi juga di sepanjang jalan Setiabudi, Bandung. Buat yang belum pernah mencicipi, jangan lupa beli tahu susu kalau jalan-jalan ke Bandung!


Sumber : detikfood

1 komentar:

ratnasari yunita mengatakan...

yang jadi pembicara di tahu susu lembang ganteng banget ... namanya siapa ya ??? >.<

Poskan Komentar